7 Cara Sukseskan Event Anda

Pernahkah anda diberi wewenang oleh atasan atau keluarga besar untuk mempersiapkan segala sesuatu untuk sebuah event besar atau penting? Terkadang, sukses atau tidaknya acara nanti menjadi sesuatu yang mencemaskan bagi orang yang diberi wewenang untuk memutuskan segala sesuatu menyangkut acara itu. Bagi yang bingung harus memulai dari mana untuk mempersiapkannya, berikut ini ada beberapa tips membantu anda dalam mempersiapkannya.

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah membuat gambaran tentang bagaimana format acara itu secara keseluruhan. Pertimbangkan alasan mengadakan acara itu, siapa saja yang akan hadir, dan keinginan-keinginan khusus yang ingin dicapai melalui acara tersebut. Setelah anda membuat gambaran besarnya, sekarang maju pada poin-poin yang penting dalam tahap-tahap perencanaan.

Pertama, buatlah rancangan daftar perencanaan anda mulai dari awal hingga akhir dalam bentuk checklist.

Berikutnya, Budgeting. menentukan budget di awal perencanaan adalah sesuatu yang penting untuk mengetahui bagaimana anda bisa merancang acara anda nantinya karena segala sesuatu yang anda persiapkan untuk event tentunya membutuhkan dana. Bila anda tidak melakukan budgeting dari awal bisa-bisa anda akan kaget melihat kebutuhan dana yang harus dikeluarkan pada akhir pelaksanaan persiapan. Jangan lupa juga untuk menyiapkan dana tambahan untuk jaga-jaga karena ada kemungkinan biaya yang tak terduga.

Yang ketiga, pemilihan lokasi acara. pertimbangkan baik-baik di mana anda akan menyelenggarakan acara tersebut. Cari referensi tempat-tempat yang bisa dijadikan pilihan lalu cari tahu kelebihan dan kekurangan dari masing-masing tempat tersebut. Pikirkan jarak dan akses para peserta / tamu undangan ke tempat acara. Pikirkan juga ketersediaan fasilitas yang akan diperlukan. Akan lebih baik jika fasilitas yang anda perlukan sudah tercover atau terpenuhi dari penyedia tempat. Kapasitas ruangan juga perlu dicermati agar kenyamanan tempat dan kelancaran acara bisa maksimal. Banyak penyedia tempat yang memiliki function hall yang bisa digunakan untuk berbagai acara. D’Garden Hall & Resto memiliki banyak pilihan tempat yang bisa anda gunakan dengan kapasitas yang bervariasi baik untuk closed space (ruangan tertutup) atau pun open space (ruangan terbuka). Dengan fasilitas lengkap seperti Air Conditioner (AC), sound system. projector, dan lain-lain tergantung pemesanan. Karena Kami adalah Resto, tentunya anda bisa tenang untuk masalah konsumsi acara. D’Garden Hall & Resto memiliki beberapa pilihan paket seperti paket buffet (prasmanan), table set (Mejaan), Paket nasi box untuk pemesanan partai besar (dalam jumlah banyak) hingga paket hemat berlima atau bersepuluh yang bisa dipilih untuk acara-acara kecil seperti acara keluarga. Selain itu, D’Garden Hall & Resto juga memiliki paket tradisional bagi anda yang ingin menikmati menu-menu khas daerah Purwokerto. Untuk biaya sewa tempat dan fasilitasnya tak perlu anda pikirkan karena untuk paket-paket konsumsi yang bisa anda pesan itu sudah include fasilitas & room sesuai dengan kapasitasnya. Jadi, anggap saja *GRATIS dari kami.

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, poin ke empat adalah memikirkan tempat parkir. Poin ini terlihat sepele namun bisa merusak kelancaran acara anda bila diabaikan. Bila anda berencana untuk mengadakan acara di D’Garden Hall & Resto maka anda tidak perlu khawatir. D’Garden Hall & Resto memiliki area yang cukup luas yang mana area parkirnya bisa menampung banyak kendaraan baik itu motor maupun mobil dalam jumlah banyak.

Yang kelima, persiapkan hal-hal yang berkaitan dengan rangkaian acara anda. Misalkan anda akan menghadirkan pembicara, maka hubungi dan buatlah janji jauh-jauh hari sehingga bisa fix sebelum hari H. Bila acara anda akan diisi dengan entertainment, pastikan untuk berkoordinasi juga dengan pihak penyedia tempat supaya tidak ada yang terlewat untuk disiapkan.

Ke enam, anda mungkin membutuhkan publikasi untuk acara anda. Buatlah web/blog khusus untuk publikasi bila diperlukan, akun-akun media sosial juga bisa anda gunakan untuk menyebarkan publikasi secara cepat dan massive.

Ke tujuh yang terakhir, buat evaluasi kegiatan. catatlah semua kekurangan-kekurangan yang belum tertutupi dan carilah masukan-masukan dari para peserta atau tamu undangan sebagai bahan pertimbangan untuk acara-acara selanjutnya yang mungkin anda selenggarakan.

HAPPY ORGANIZING !

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s